Rabu, 30 Desember 2009

aPa iTu LyX

 APA ITU LYX….?????
LyX merupakan metode baru dalam word prosessor. LyX menggunakan LaTeX dan memegang prinsip WYSWYM (What You See is What You Mean).
 Bagaimana menulis dengan LyX??

Seperti prinsipnya LyX yaitu WYSWYM (What You See is What You Mean), oleh karena itu kita tinggal mengikuti tata cara menulis LyX. Ada banyak sekali tipe class pada LyX, Kelas dapat dipilih dengan mengubah combobox yang ada pada kiri sebelah atas dari LyX window. Defaultnya adalah class standard .
- Yang pertama, class standard digunakan pada text standar bukan judul bab ataupun judul sub bab ataupun judul sub sub bab. Kita akan menggunakan class ini untuk tulisan biasa.
- Yang kedua, class Chapter dan Chapter*, merupakan class yang digunakan untuk judul utama dari suatu bab. Perbedaan antara yang tidak memakai bintang dengan yang memakai bintang adalah bahwa yang tidak memakai bintang maka akan ada tulisan Bab sebelum judul dan akan masuk ke daftar isi, sedangkan yang memakai bintang tidak memakai kata bab didepannya dan tidak masuk daftar isi.
- Yang ketiga, class Section, digunakan untuk judul suatu section/sub bab pada suatu bab.
- Yang keempat, class subsection, digunakan untuk judul sub section/ sub sub bab pada suatu bab.
- Yang kelima, class subsubsection, digunakan untuk judul sub sub section/ sub bab dari suatu bab.

 Cara-cara dengan menggunakan LaTeX atau dengan menggunakan fasilitas yang disediakan LyX sehingga mendapatkan tampilan seperti yang diinginkan.
Sebelumnya perlu diingatkan bahwa untuk memasukkan suatu LaTeX command maka dapat digunakan menu Insert->Tex Code atau dengan menekan tombol Ctrl+L.
1. Mengganti style penulisan nomer halaman

Commandnya adalah \pagenumbering{style}.
Ada dua style yang bisa digunakan yaitu arabic (1,2,3,…) dan roman (i,ii,ii,…).
Contoh kasus adalah ketika halaman dari abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, dan daftar tabel harus dalam bentuk romawi dimulai dari satu pada halaman depan dan berikutnya dua dan seterusnya. Setelah itu pada bab 1 diperlukan halaman berubah lagi menjadi 1 tetapi dengan huruf arabic .
Penyelesaiannya adalah dengan memberi command \pagenumbering{roman}
pada awal dokumen,
dan pada awal bab1 diberi command \setcounter{page} 1 \pagenumbering{arabic}




2. Mengosongkan Halaman

Hanya memberikan command \thispagestyle{empty} maka semua style dari halaman akan dihilangkan (nomer halaman, header).

3. Mengatur jarak antar baris pada list
Untuk memperpendek jarak antara baris dapat digunakan command \setlength{\parskip} {-3pt}
4. Tips untuk membuat halaman biodata/Daftar Riwayat Hidup
Pertama, cari wrapfigure.sty di google dan di downlad. Untuk user Linux, copy file tersebut ke direktori /usr/share/texmf/tex/latex/lyx/ dan jalankan texhash (pada super user). Restart LyX.
- Untuk membuatnya pertama masukkan command berikut pada Latex preamble pada menu Document->Settings \usepackage{wrapfig}
- Lalu masukkan command berikut pada tempat dimana akan dibuat daftar riwayat hidup. \begin{wrapfigure}[7]{l}{40mm}
Angka 7 berarti imagenya terdiri dari 7 baris spasi. Trus huruf l berarti image berada di kiri. Dan terakhir angka 40 berarti imagenya punya lebar 40mm=4cm. Setelah command diatas, masukkan imagenya, trus masukkan command berikut setelahnya. \end{wrapfigure} , Sisanya dapat ditulis seperti biasa.
5. Menambahkan sesuatu ke daftar isi
Tinggal masukkan command berikut setelah judul standar atau chapter*. \addcontentsline{toc}{chapter}{Bibliografi}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar