Selasa, 29 Desember 2009

Membuat Database dengan PHPMyAdmin

Membuat Database dengan PHPMyAdmin

Phpmyadmin adalah suatu aplikasi yang dibuat dengan bahasa pemrograman PHP, yang ditujukan untukpengelolaanbasis data MySQL melalui internet. Fungsi phpmyadmin sama dengan software lain seperti SQLYOG dan MySQL FRONT. Hanya saja phpmyadmin merupakan free software. Phpmyadmin juga merupakan alat bantu administrasi database berbasis web yang memang dibuat khusus untuk mengelola database.

LISTING PROGRAM

Input.php

NPM :

Nama :

Kelas :

Listing diatas merupakan listing yang digunakan untuk membuat tampilan untuk menginput data. Digunakan input type yang merupakan text yang pertama adalah untuk menginput npm, yang kedua digunakanuntuk menginput nama dan yang terakhir digunakan untuk meginput kelas. Apabila telah selesai memasukkan inputan, maka selanjutnya klik input dan selanjutnya data yang telah kita input tadi akan masuk ke dalam database.

Action.php

$mysql_host = 'localhost';

$mysql_user = 'root';

$mysql_password = '';

$mysql_database = '4ia06';

mysql_connect($mysql_host, $mysql_user, $mysql_password);

mysql_select_db($mysql_database);

$sql = "INSERT INTO mahasiswa VALUES('$_POST[npm]', '$_POST[nama]', '$_POST[kelas]')";

mysql_query($sql);

$sql = "SELECT * FROM mahasiswa";

$qry = mysql_query($sql);

echo '

';

while($data=mysql_fetch_array($qry)) {

echo "

";

}

echo '

NPMNamaKelas
$data[npm]$data[nama]$data[kelas]
';

?>

Listing selanjutnya diberi nama action.php. Listing ini didalamnya berisi listing untuk koneksi ke database. Kemudian memasukan data dengan menggunakan insert, sebelumnya kita telah membuat database yang isinya npm,nama, dan kelas. Sebelumnya pada input.php kita diminta untuk menginputkan data yang berupa npm, nama dan kelas. pada listing diatas juga dibuat sebuah table yang digunakan untuk menyimpan data-data tersebut.

OUTPUT PROGRAM

1 komentar: